SEKOLAH DASAR NEGERI LEUWIGAJAH 3

Jln Kerkof No 30 A Kel. Leuwigajah Kota Cimahi Tlp 022 667 7460

Translate

Thursday, July 5, 2012

NKRI


NKRI adalah Negara Kesatuan Republik Indonesia, wilayahnya yang begitu luas terbentang dari Sabang disebelah barat sampai Merauke di sebelah timur. Perbandingan antara luas daratan dan luas lautan menjadikan Indonesia juga diebut juga sebagai Negara Maritim atau Negara Kepulauan.

A.         Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
Dalam kamus besar Bahasa Indonesia, keutuhan berasal dari kata dasar utuh yang berarti keadaan yang sempurna atau tidak terpecah belah. Jadi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia artinya adalah bahwa Indonesia merupakan Negara kesatuan yang memiliki kedaulatan, mempunyai tujuan nasional dan berdiri secara utuh baik wilayahnya, rakyatnya maupun pemerintahannya.
Untuk menjaga NKRI tetap utuh maka diperlukan sikap yang harus di junjung tinggi oleh seluruh rakyat Indonesia, yaitu :
a.        Cinta tanah air
b.        Membina persatuan dan kesatuan
c.        Rela menolong
d.        Tenggang rasa
e.        Kasih saying, dll
B.         Letak Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)
I.         Letak Astronomis

peta-indonesia.jpgLetak Astronomis adalah posisi/letak yang berdasarkan garis lintang dan garis bujur. Garis Lintang adalah garis khyal yang melingkari bumi secara horizontal membentang dari barat ke timur, sedangkan garis bujur adalah garis khayal yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan
Indonesia juga dilintasi oleh garis khayal yang membelah bumi menjadi 2 yang sama besar, garis ini dinamakan dengan garis equator  atau yang sering  kita dengar yaitu garis katulistiwa.  Garis ini menimbulkan 2 musim di Indonesia yaitu musim hujan dan musim kemarau. Berdasarkan gambar diatas maka Indonesia terletak pada garis lintang 60 Lintang Utara – 110 Lintang Selatan, serta berada pada garis bujur 950 Bujur Timur -  1410 Bujur Timur.

II.    Letak Geografis
       Indonesia merupakan Negara kepulauan yang berbentuk republik yang terletak di kawasan Asia Tenggara  yang memiliki ± 17.000 buah pulau daratan sekitar 1.922.570 Km2  dan luas perairan ± 3.257.483 Km2 . Pada gambar diatas dapat dilhat batasan wilayah Indonesia, yaitu :
-          Utara berbatasan dengan Malasya, Singapura, Philiphina, Brunai Darusallam
-          Selatan berbatasan dengan Australia, Timor Leste
-          Barat berbatasan dengan Samudera Indonesia,
-          Timur berbatasan dengan Samudra Pasifik

Selain dari itu, Indonesia juga diapit oleh 2 benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia, juga di diapit oleh 2 samudra yaitu, Samudera Indonesia dan Samudera Pasifik. Oleh Sebab itu maka letak geografis dapat diartikan sebagai letak wilayah menurut kondisi bentang alam.

0 comments:

Post a Comment

Photo Kami

Blog Ini Dibiayai Oleh :

Education
Academics

Toko Murah Online

Tolong di KLIK Iklannya SATU KALI

Join Di Facebook