SILABUS | |||||||||
| | | | | | | | | |
Mata Pelajaran | : IPS | | | | | | | | |
Kelas / Semester | : VI / I | | | | | | | | |
Standar Kompetensi | : Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua | ||||||||
| | | | | | | | | |
KOMPETENSI | MATERI POKOK / | KEGIATAN PEMBELAJARAN | INDIKATOR | PENILAIAN | ALOKASI | SUMBER | |||
DASAR | PEMBELAJARAN | WAKTU | BELAJARA | ||||||
| | | | /ALAT | |||||
1 | Mendeskripsikan | Perkembangan sistem | Memperhatian penjelasan guru | - | Menjelaskan perkembangan sistem adminis | - | Tertulis, uraian | 18 x 35 menit | Peta, Globe, |
| perkembangan sis | administrasi wilayah | tentang perkembangan sistem | | trasi wilayah Indonesia | - | Pengamatan | pert 1-6 | Buku yang |
| tem Administrasi | Indonesia | administrasi wilayah Indonesia | - | Menunjukan perkembangan sistem adminis | | | (6 minggu) | relevan |
| wilayah Indonesia | | Mengamatai atlas/globe | | trasi wlayah Indonesiadalam Peta/globe | | | | |
| | | | - | Membandingkan perkembangan sistem admi | | | | |
| | | | | nistrasi wilayah Indonesia dengan negara- | | | | |
| | | | | negara tetangga | | | | |
2 | membandingkan ke | Kenampakan alam dan | Tanya jawab tentang kenampakan | - | Menunjukan tentang kenampakan alam dan | - | Tertulis, Uraian | 18 x 35 menit | Peta, Globe, |
| nampakan alam dan | keadaan sosial negara- | alam dan keadaan sosial negara- | | keadaan sosial negara-negara tetangga | - | Pengamatan | pert 7-12 | Buku yang |
| keadaan sosial negara- | negara tetangga | negara tetangga | - | Membandingkan kenampakan alam dan kea | | | (6 minggu) | relevan |
| negara tetangga | | | | daan sosial negara-negara tetangga | | | | |
3 | Mengodentifikasi | Benua-benua | Mengaati atlas/globe | - | Menunjukkan benua-benua | - | Tertulis, Uraian | 18 x 35 menit | Peta, Globe, |
| kan benua-beua | | Mendiskusikan benua-benua | - | Membedakan benua bennya | - | Pengamatan | pert 13-18 | Buku yang |
| | | | | | | | (6 minggu) | relevan |
0 comments:
Post a Comment